Home / Burung Kicau / Perawatan Harian Burung Kacer Agar Rajin Bunyi Dan Gacor

Perawatan Harian Burung Kacer Agar Rajin Bunyi Dan Gacor

Dunia burung memang tidak pernah sepi dari hiruk pikuk, berbagai aktifitas. Dan belakang ini semakin banyak tumbuh menjamur tempat-tempat kontes burung berkicau, Alhasil harga jual burung semakin hari semakin melambung, Salah satunya adalah burung kacer, Tapi biasanya burung yang mempunyai nilai jual tinggi adalah burung yang sudah rajin bunyi atau gacor, Lalu jika kita mempunyai kacer bakalan.

Bagaimana cara perawatanya?

Inilah rahasia perawatan kacer harian agar rajin bunyi dan gacor, Pada dasarnya hampir sama perawatan kacer dengan burung pemakan serangga lainya, Yang paling dibutuhkan adalah konsistensi, keuletan, kesabaran, serta pemahaman karakter burung kesayangan kita, Karena jika kita sudah tahu karakter burung itu akan lebih mudah untuk merawatnya dan membuatnya rajin bunyi. Langsung saja kita kepokok pembahasan.

Rahasia Perawatan Kacer Harian Agar Rajin Bunyi Dan Gacor

Yang pertama adalah pemilihan jenis kelamin, Kacer yang biasanya mempunyai suara lantang dan bervariasi adalah yang jenis kelamin jantan, Dan untuk membedakan jenis kelamin kacer biasanya sudah banyak yang tahu.

Selanjutnya untuk perawatan harian harus dimulai dari pagi hari, Yaitu burung di embunkan setelah itu dimandikan, Untuk memandikan kacer biasanya dengan cara disemprot atau dengan menggunakan keramba mandi khusus kacer tergantung kebiasaan burung itu sendiri, Sambil menunggu kacer mandi sebaiknya kandang dibersihkan dan kalau bisa kandang dibersihkan setiap hari untuk menghindari adanya kuman atau penyakit dari kotoran burung itu sendiri,

Setelah itu burung di angin-anginkan sekitar sepuluh menit, Kemudian burung dijemur selama satu sampai dua jam, Tergantung cuaca jika cuacanya terik cukup satu jam saja, Sinar matahari pagi dipercaya bagus untuk kesehatan, Bukan hanya untuk manusia tapi juga untuk binatang yang lainya.

Sekarang tiba saatnya untuk mastering atau pemasteran, Pemasteran ini dilakukan dengan cara burung dikerodong full dan digantung ditempat yang teduh yang tidak terlalu ramai aktifitas biarkan burung beristirahat, Dan diperdengarkan suara burung lain bisa menggunakan burung secara langsung atau bisa juga menggunakan CDatau MP3, Jika menggunakan CDatau MP3 usahakan suaranya kecil saja agar burung tidak merasa terganggu dan diserap suaranya untuk ditirukan nantinya.

Pemberian pakan

Makanan utama kacer saat dialam bebas adalah serangga, Tapi saat kita pelihara kita ganti dengan voer/poor, Karena voer sangat bagus untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya, Serangga yang paling disukai kacer yaitu jangkrik, belalang hijau, orong-orong, ulat hongkong, cacing tanah, kelabang, dan kroto. Pemberianya biasanya pagi dua ekor sore tiga ekor, Dan bisa diberikan secara bergantian misalnya pagi dikasih jangkrik dua ekor sore cacing tanah tiga ekor atau sebaliknya, Tapi jangan diberikan terlalu banyak karena serangga ini mengandung protein yang tinggi, Jika kebanyakan nanti malah kacer birahi atau mbagong. Dan yang harus diperhatikan saat memberikan jangkrik, orong-orong atau belalang hijau, Usahakan kaki kepala dan sayapnya dibuang dulu agar tidak melukai tenggorokanya.

Satu lagi yang harus diperhatikan yaitu gantung kacer kesayangan kita ditempat yang teduh, Terhindar dari binatang predator lain seperti kucing, tikus, anjing atau yang lainya. Karena binatang predator itu akan dapat mempengaruhi mentalnya, Dan biasanya kacer akan rajin bunyi atau gacor jika burung merasa nyaman dan tidak merasa terganggu.

Check Also

12 Cara Merawat Burung Pleci Agar Cepat Gacor Atau Ngalas

Hari ini ane mau coba memberikan sebuah tips tentang cara merawat burung pleci agar gacor, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


CAPTCHA Image
Reload Image