Home / Burung Kicau / Murai Batu Bakalan Atau Muda Hutan Agar Tidak Mudah Stres

Murai Batu Bakalan Atau Muda Hutan Agar Tidak Mudah Stres

Beberepa harga burung kicau semakin mahal salah satunya adalah burung murai batu atau MB. Jadi tak heran lagi banyak kicau mania yang mencoba merawat murai dari bakalan atau muda hutan, Dengan alasan untuk mengurangi pengeluaran karena harganya yang lebih murah. Walaupun perawatanya tidak mudah dan memiliki tantangan tersendiri!.

Karena burung murai bakalan yang sudah biasa hidup dialam bebas, Pastinya perlu adaptasi jika kita pelihara dikandang yang terbatas dan secara langsung melihat aktifitas manusia yang jarang mereka jumpai saat di hutan,

Resiko yang akan kita hadapi adalah burung mudah stress, kesehatannya drop, atau bahkan burung mati, Jika kita tidak tahu cara merawatnya,

Tapi anda tidak perlu panik karena semua masalah pasti ada solusinya, Yaitu rahasia khusus merawat murai batu bakalan atau muda hutan, Sebenarnya yang terpenting dalam merawat burung kicau adalah konsistensi, kesabaran dan keuletan, Jika kita sudah mempunyai ketiga hal tersebut, Maka biasanya burung akan menganggap kita sebagai teman bukan sebagai musuh.

Rahasia khusus merawat murai bakalan atau muda hutan agar tidak stress

Ketika murai kita bawa kerumah sebaiknya kita kerodong dulu kemudian kita gantung ditempat yang teduh. Jauh dari keramaian atau suara burung lain selama satu minggu bisa juga lebih tergantung karakter burung itu sendiri, Supaya burung merasa nyaman.

Cara ini juga bagian dari terapi agar burung terbiasa dengan kandang yang terbatas,
Jangan terburu-buru menggantung burung di tempat yang ramai, Karena akan membuatnya stress dan susah saat proses penjinakan nantinya

Untuk sementara waktu jangan langsung diajari makan voer, Karena kita tidak tahu kondisi kesehatan burung yang baru kita beli,
Dan untuk memulihkan kesehatanya, Lebih baik kita kasih makanan kesukaanya seperti jangkrik, belalang, ulat hongkong, atau yang lainya.

Sebelum burung mampu beradaptasi, Burung tidak perlu dimandikan dulu, Cukup diganti makan dan minumnya saja, Sampai burung benar-benar merasa nyaman dengan suasana yang baru.

Apabila burung sudah merasa nyaman, Biasanya burung akan berkicau yaitu ngriwik atau ngeplong, Saat itulah baru kita lakukan perawatan yang selanjutnya, Seperti mengajari makan voer atau proses penjinakan.

Check Also

12 Cara Merawat Burung Pleci Agar Cepat Gacor Atau Ngalas

Hari ini ane mau coba memberikan sebuah tips tentang cara merawat burung pleci agar gacor, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


CAPTCHA Image
Reload Image