Home / Burung Kicau / Cara Untuk Mengatasi Burung Kacer Suka Mbagong

Cara Untuk Mengatasi Burung Kacer Suka Mbagong

Burung kacer adalah burung kicau yang mempunyai suara merdu, lantang, serta bervariasi. Burung kacer paling banyak di minati oleh para kicau mania untuk dijadikan burung kontes, Karena mempunyai gaya yang unik saat bertemu lawannya, Yaitu gaya menari-nari dengan membuka sayap dan ekornya.

Ada juga keunikan lainnya yang dimiliki oleh kacer yaitu mengembungkan sayapnya, Yang orang sering bilang mbagong atau mbalon.

Tapi justru mbagong ini bisa menjadi sebuah petaka saat dalam arena kontes, Karena kacer akan di diskualifikasi, atau tidak akan mendapat poin lagi atau istilah lainnya gugur, Yang biasanya akan diberi tanda bendera hitam.

Mbagong adalah hal yang biasa, Dan para kicau mania sering mengatakan kalau tidak mbagong ya bukan kacer, Karena mbagong pada kacer itu sulit untuk dihilangkan, Hanya bisa di minimalisir.

Faktor-faktor yang menyebabkan kacer mbagong;

  • Kacer dalam keadaan kurang fit/kurang sehat.
  • Kacer dalam kondisi OB (over birahi).
  • Cara memandikan yang kurang tepat.
  • Sering mengganti kandang/tangkringan.
  • Bisa juga disebabkan karena mentalnya.
  • Karena penyebab yang berbeda-beda, Jadi cara penanganannya tentu juga berbeda-beda,
  • Dan disini Tips burung kicau akan berbagi cara mengatasinya;

Cara mengatasi kacer mbagong

  1. Jika kacer mbagong karena kurang fit. Anda bisa melihat dari kotorannya, Apabila kotorannya encer, Bisa jadi kacer anda mengalami gangguan pencernaan, Dan harus segera dilakukan penanganan baca cara mengatasi kotoran kacer bercampur air/mencret Atau bisa diberikan multivitamin.
  2. Kacer dalam kondisi OB (over birahi), OB biasanya disebabkan pemberian EF yang terlalu banyak, Cara mengatasinya dengan mengurangi pemberian EF nya, Misalnya jika hari sebelumnya anda memberikan jangkrik 10 pagi dan 10 sore, Bisa dikurangi menjadi 2 pagi dan 2 sore atau 3, 4, dan seterusnya, Sampai mendapat setelan yang pas.
  3. Cara memandikan yang kurang tepat, Karena kacer adalah burung yang sangat senang mandi, Jadi untuk memandikan harus tepat sesuai dengan kebiasaannya, Bisa dua atau tiga kali sehari, Dan kacer lebih senang mandi menggunakan keramba.
  4. Terkadang mengotak-atik kandang atau tangkringan juga bisa menyebabkan kacer mbagong, Jadi apabila memang diperlukan untuk mengganti kandangnya, Anda harus menyeting tangkringan seperti yang semula, Agar kacer tetap merasa nyaman.
  5. Bisa juga disebabkan karena mental, yaitu karena umurnya yang masih muda, Atau karena volume suara kalah kencang, Anda bisa melatihnya dengan suara kacer menggunakan MP3, Pertama kasih suara pelan kemudian tambah volumenya sampai suara yang kencang, Agar burung terbiasa mendengar suara kencang.

Itulah sedikit pembahasan tentang penyebab dan cara mengatasi kacer mbagong, Tapi ada juga beberapa kacermania yang mengatasinya dengan menggunakan cara terapi, Seperti Terapi mandi pasir, Terapi mandi malam, Terapi kandang umbaran, Atau bahkan masih ada cara-cara yang lainya, Tergantung penyebab dan karakter burungnya.

Check Also

12 Cara Merawat Burung Pleci Agar Cepat Gacor Atau Ngalas

Hari ini ane mau coba memberikan sebuah tips tentang cara merawat burung pleci agar gacor, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


CAPTCHA Image
Reload Image