Home / Kesehatan / Beberapa Manfaat dan Khasiat Dari Daun Kelor

Beberapa Manfaat dan Khasiat Dari Daun Kelor

Manfaat dan Khasiat Daun Kelor bagi manusia sangat banyak, oleh sebagian orang daun kelor diibaratkan tanaman apotik hidup. Berbagai bagian dari tananam ini bisa ini bisa dimakan. Di beberapa daerah, polong muda yang paling sering dimakan, sedangkan daun kelor paling umum digunakan.

Bayi dan anak-anak pada masa pertumbuhan dianjurkan Organisasi Kesehatan Dunia WHO mengkonsumsi daun kelor. Perbandingan gram, daun kelor mengandung 7 x vitamin C pada jeruk 4 x calcium pada susu 4 x vitamin A pada wortel 2 x protein pada susu 3 x potasium pada pisang

Organisasi ini juga menobatkan kelor sebagai pohon ajaib setelah melakukan studi dan menemukan bahwa tumbuhan ini berjasa sebagai penambah kesehatan berharga murah selama 40 tahun ini di negara-negara termiskin di dunia.

Pohon kelor memang tersebar luas di padang-padang Afrika. Bahwa pohon kelor “Telah digunakan sebagai obat oleh berbagai kelompok etnis asli untuk mencegah atau mengobati lebih dari 300 jenis penyakit. Tradisi pengobatan ayurveda India kuno menunjukkan bahwa 300 jenis penyakit dapat diobati dengan daun moringa oleifera.

Manfaat Utama Daun Kelor adalah:

– Meningkatkan ketahanan alamiah tubuh.
– Menyegarkan mata dan otak.
– Meningkatkan motabolisme tubuh.
– Meningkatkan struktur sel tubuh.
– Meningkatkan serum kolestrol alamiah.
– Mengurangi Kerutan dan garis-garis pada kulit.
– Meningkatkan fungsi normal hati dan ginjal.
– Memperindah kulit.
– Meningkatkan energi.
– Memudahkan Pencernaan.
– Antioksidan.
– Memelihara sistem imunitas tubuh.
– Meningkatkan sistem sirkulasi yang menyehatkan.
– Bersifat anti peradangan.
– Memberi perasaan sehat secara menyeluruh.
– Mendukung kadar gula normal tubuh.

Dari hasil analisa kandungan nutrisi dapat diketahui bahwa daun kelor memiliki potensi yang sangat baik untuk melengkapi kebutuhan nutrisi dalam tubuh.

Dengan mengonsumsi daun kelor maka keseimbangan nutrisi dalam tubuh akan terpenuhi sehingga orang yang mengonsumsi daun kelor akan terbantu untuk meningkatkan energi dan ketahanan tubuhnya.

Selain itu, daun kelor juga berkhasiat untuk mengatasi berbagai keluhan yang diakibatkan karena kekurangan vitamin dan mineral seperti kekurangan vitamin A (gangguan penglihatan), kekurangan Choline (penumpukan lemak pada liver), kekurangan vitamin B1 (beri-beri), kekurangan vitamin B2 (kulit kering dan pecah-pecah), kekurangan vitamin B3 (dermatitis), kekurangan vitamin C (pendarahan gusi), kekurangan kalsium (osteoporosis), kekurangan zat besi (anemia), kekurangan protein (rambut pecah-pecah dan gangguan pertumbuhan pada anak).

Daun Kelor adalah bagian yang mengandung banyak manfaat. Secara umum dapat dikonsumsi karena mengandung gizi dan protein tinggi. Remasan daun dapat juga dimanfaatkan sebagai penutup luka.

Daun kelor dapat digiling halus untuk dijadikan bedak penghilang noda dan flek di wajah.

Berikut adalah beberapa khasiat daun kelor :

1. Anti Inflamasi
Kelor memlilki fungsi pengobatan karena mengandung kalsium dan pospor. Kandungan mineral dan vitamin sangat tinggi dibanding sayuran lainnya. Tidak heran, media asing banyak yang menyebut kelor sebagai ‘miracIe tree” maupun Tree for Life”. Dari penelitian daun kelor mampu menghambat aktifasi NFKB dan menurunkan ekspresi protein tumor.

2. Menurunkan Kolesterol Jahat
Kelebihan kotesterol dapat memacu berbagai penyakit. Tingginya kadar kolesterol dipicu pola makan yang kurang sehat dan ditambah faktor psikologis seperti stress. Hormon adrenalin dan kostisol dapat memicu produksi kolesterol dalam tubuh.

3. Mengatasi Nyeri, Letih, Linu
Daun kelor mengandung pterigospermin yang merangsang kulit sehingga dapat berfungsi sebagai param yang manghangatkan. Jika daun kelor dilumat dan dibalur akan mengurangi rasa nyeri karena bersifat analgesik.

4. Membantu Mencegah kanker
Pohon kelor telah lama diakui secara tradisional sebagai solusi dalam pengobatan tumor dan kanker. Meskipun penelitian ilmiah menjadi efek dari pohon kelor pada kanker telah dibatasi, tampaknya ada beberapa bukti yang mendukung manfaat kelor.

Selain manfaat diatas, daun kelor untuk obat juga dikenal bermanfaat untuk mengatasi reumatik, asam urat, artritis, Mampu meningkatkan imunitas, dan merupakan sumber antioksidan tinggi.

Mari kita konsumsi daun kelor yang telah terbukti kaya manfaat dan khasiat, agar agar masyarakat menjadi sehat jasmani dan rohani.

Check Also

Keterbatasan Dari Pengobatan Tradisional

Ahli-ahli pengobatan tradisionat, apakah mereka ¡tu disebut ‘dukun’, kasepuhan’, ‘kamisepuh’ atau sesepuh seperti di Jawa, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


CAPTCHA Image
Reload Image